Saturday 19 April 2014

Langkah Memproses Coklat

Sebelum saat terjun ke dapur, sebaiknya untuk tahu type coklat yang bakal dipakai. Pada intinya, ada dua type cokelat yang ada di market. Ada coverture serta compound, '' terang Chef Kiki Gumelar. Keduanya bisa dipakai untuk seluruhnya type olahan cokelat. Yang membedakan yaitu rasa serta harga. Perbedaan dari ke-2 tipe coklat itu yaitu Coverture harga nya memanglah tambah lebih mahal tiga kali lipat dari compound tetapi sebanding dengan terasa, Coverture dapat di pastikan segera lumat di mulut sedang compound tetap butuh dikunyah lagi untuk dapat ditelan.

Coverture biasanya digunakan oleh bakery hotel serta sekelasnya. Sedang compound yang harga nya lebih terjangkau umumnya dipakai oleh beberapa toko bakery level menengah-bawah. ''Kalau satu saat cokelat melekat di langit-langit mulut, itu tandanya memperoleh cokelat mutu jelek, ''. Baik coverture ataupun compound bisa di proses jadi chocolate fountain, chocolate mousse, chocolate pudding, strawberry dip in chocolate, praline, brownies, cake, truffle, atau untuk coating (pelapis).

Untuk coating, tipe coverture lebih pas. Karena, demikian cake berlumur cokelat dipotong, cokelat pelapisnya tak lagi pecah. Bila untuk cokelat serut pemanis black forest, pakai compound. Penikmat minuman hangat dari cokelat dapat juga bikin sendiri sajian favoritnya dirumah. Yang dibutuhkan hanya bubuk hot coverture.

Coverture jadi coklat mutu sempurna karena terbuat dari cokelat bubuk plus minyak cokelat. Cuma pakar cokelat saja yang dapat mengolahnya. Karena, sistem pampering-nya cukup rumit. ''Cokelat pertama-tama ditim dahulu dengan suhu 50 derajat Celsius lalu suhunya di turunkan jadi 26 derajat lalu dinaikkan lagi ke suhu 32 derajat ". Jika sistem pampering itu berantakan, tidak barangkali memperoleh hasil yang bagus. Cokelat bakal terus menerus lembek.

Hingga jika kita tetap tergolong amatir dalam memroses cokelat, lebih aman gunakan compound. Tak hanya harga nya lebih murah, compound yang disebut gabungan pada cokelat bubuk serta minyak nabati dapat juga digunakan di semua jenis olahan, seperti juga coverture. Compound serta coverture keduanya sama membutuhkan perlakuan spesial. Keduanya yaitu musuh bebuyutan air. Terkena setetes air saja, rusaklah semua cokelat yang bakal diolah. Demikian tertetes air, cokelatnya bakal kental seperti selai. Tidak barangkali dibentuk.

Gimana penjelasannya??bingung ya...hehe ga masalah.. daripada ribet dan ingin penjelasan yang lebih singkat namun jelas dan juga sederhana bisa lihat menu resep puding coklat yang ada diblog, majalah atau mananpun.